Kursus Online di Situs Belajar Online

Kursus Online di Situs Belajar Online

Kursus Online di web Tutorial Online ini akan membantu anda untuk belajar online secara efektif. Jika anda mencari website atau situs belajar online dan ingin belajar tanpa harus repot keluar rumah, manfaatkanlah program kursus online pada situs ini!

Mengapa Kursus Online?

Kita telah memasuki era digital dimana sumber pengetahun sudah hampir dikatakan tanpa batas. Hal ini tentu sangat berbeda dengan era sebelumnya. Pada era sebelumnya, orang yang ingin belajar tentang sesuatu, harus bertemu dengan seorang guru atau siapa saja yang dianggap lebih paham dari dirinya. Sumber pengetahuan pada era sebelumnya cenderung lebih formal dan kaku karena ketersediaannya terbatas. Oleh sebab itu, orang yang ‘ketinggalan’ pada masa itu adalah orang yang tidak mampu mengakses pendidikan formal.

Siapa yang akan ketinggalan pada zaman sekarang?
Betul! Orang yang ketinggalan pada zaman sekarang adalah orang yang tidak memanfaatkan teknologi untuk belajar tentang banyak hal.

Pada zaman sekarang, teknologi internet sudah semakin canggih sehingga kita dapat dengan mudah untuk belajar online. Banyak sumber pengetahuan yang dapat kita manfaatkan melalui media internet. Orang yang menempuh pendidikan pada lembaga formal yang konvensional belum tentu bisa mengalahkan wawasan orang yang hanya belajar secara online.

Kelemahan Belajar Online Otodidak

Jangan puas dulu! Jika anda adalah orang yang senang belajar online, jangan terlalu cepat puas. Ada beberapa kelebihan atau keunggulan belajar konvensional yang biasanya tidak dimiliki atau tidak ditemukan pada proses belajar online. Beberapa kelebihan belajar konvensional sekaligus merupakan kelemahan belajar online adalah sebagai berikut:

1. Sumber informasi tidak tersaring

Jika mengandalkan pengetahuan dari proses belajar online, pengetahun tersebut cenderung merupakan ‘pengetahuan buta’, yaitu pengetahuan yang tidak memiliki sumber yang jelas.

2. Kesimpulan yang belum teruji atau hanya opini

Banyak sumber bacaan atau sumber informasi yang sebenarnya hanya dugaan atau opini seseorang saja. Sayangnya, opini tertentu malah populer atau trend dan dianggap sebagai sebuah kebenaran yang nyata. Untung saja jika opini tersebut tidak merugikan pihak tertentu. Namun dalam kenyataannya, banyak opini yang tersebar melalui internet justru berdampak buruk pada pihak tertentu.

3. Teknik belajar yang tidak sistematis

Belajar sistematis merupakan kelebihan dari pendidikan konvensional. Dengan belajar secara sistematis, pengetahuan yang diperoleh akan lebih menyeluruh, utuh, terpada sehingga mampu menjelaskan sebab akibat dari suatu objek yang dijelaskannya.

Berbeda halnya dengan belajar online, cenderung proses belajarnya tidak sistematis sehingga rentan membuat kesimpulan atau penjelasan yang tidak utuh atau kurang mampu menjelaskan sebuah logika sebab akibat dari objek yang dijelaskannya.

4. Pengetahuan tidak lengkap

Terkadang belajar secara online tidak memperoleh pengetahuan yang lengkap karena pelajaran yang dipelajarinya dipilih sesuai selera. Pada saat jenuh menghampiri, pelajaran tersebut akan ditutup lalu melakukan aktifitas lain.

Sedangkan pada pendidikan konvensional, kita tidak dapat memilih. Suka atau tidak suka dengan materi yang disajikan, pesertanya wajib untuk mengikuti proses sampai selesai. Meskipun peserta didik tidak menyukai atau tidak memahami materi yang disuguhkan, suatu saat dia akan mengerti hal apa yang seharusnya dipelajarinya pada masa lalu. Hal ini memungkinkan baginya – jika dikehendaki – untuk mudah kembali mempelajari hal tersebut.

Belajar online tidak menyuguhkan kurikulum karena materi yang dipelajari adalah pilihan yang bersangkutan. Kelemahan teknik ini adalah kita tidak mengetahui apa yang seharusnya dipelajari sebelum dan setelah materi yang saat ini dihadapi. Jadi, yang bersangkutan tidak menyadari pengetahuan apa yang belum diketahui dan seharusnya dipelajari.

5. Tidak ada evaluasi

Salah satu kelemahan dari belajar online adalah tidak adanya proses evaluasi. Seseorang yang belajar online cenderung tidak mengevaluasi pengetahuan yang telah didapatkannya. Dia tidak mengetahui secara pasti apakah ilmu yang diperolehnya sudah betul atau malah keliru.

Sedangkan belajar konvensional, evaluasi merupakan hal yang diwajibkan untuk mengukur sejauh mana pengetahuan dan pemahaman pesertanya.

Kursus Online sebagai sebuah solusi

Dengan memahami kelemahan belajar online di atas, maka kami dari Tutorial Online meluncurkan program Kursus Online. Dengan program ini, diharapkan beberapa kelemahan di atas dapat ditangani tanpa harus menciptakan model belajar konfensional yang formal dan cenderung kaku.

Sebagai sebuah solusi, program kursus online pada website Tutorial Online ini dirancang dengan menggabungkan kelebihan dari belajar online dengan kelebihan belajar offline (konvensional). Dengan mengikuti program ini, anda akan merasakan kenyamanan belajar secara online dengan metode dan pengetahuan yang diperoleh tidak kalah dengan model belajar konvensional.

Kelebihan Kursus Online

Sebagai sebuah perpaduan belajar online secara otodidak dengan belajar formal yang konvensional, tentunya kursus online memiliki sejumlah kelebihan, di antaranya:

1. Biaya Belajar Jauh Lebih Murah

Belajar memerlukan materi dan energi serta waktu. Jika anda ingin menghargai semuanya dengan uang, maka anda akan menjumpai total biaya yang sangat tinggi.

Belajar atau kursus secara offline akan memerlukan biaya yang lebih mahal. Hal ini tentu sangat wajar karena pihak penyedia program membutuhkan sumber daya yang juga mahal. Infrastruktur misalnya, mereka membutuhkan tempat dan peralatan yang memadai agar kursusnya dapat berjalan dengan baik.

Sedangkan dengan kursus online, anda dapat menghemat biaya belajar anda 80% bahkan lebih. Bagaimana tidak, anda hanya membutuhkan perangkat internet untuk mengikuti materi. Tidak perlu keluar rumah dan membayar atau mengeluarkan biaya transportasi.

Hebatnya lagi, beberapa program kursus online pada situs belajar online ini disediakan secara gratis. Wow, anda akan tertinggal jauh jika tidak mencobanya.

2. Kurikulum atau materi tersusun secara sistematis

Sebagaimana telah dibahas pada pembahasan sebelumnya di atas, belajar sendiri secara otodidak cenderung tidak sistematis sehingga kurang efisien. Belajar secara sistematis akan lebih menghemat waktu dan efektif untuk memahami satu topik yang spesifik.

3. Materi tersaring dan lebih lengkap

Materi dikelompokkan dan disusun berdasarkan kategori atau topik secara spesifik. Untuk memahami sebuah topik, materi yang dianggap tidak penting tidak dimasukkan kedalam kurikulum sehingga peserta kursus akan lebih fokus dalam belajar topik yang dipilihnya.

Meskipun tidak semua materi dimasukkan karena dianggap kurang penting, akan tetapi akan lebih lengkap untuk sebuah topik yang mengerucut. Belajar efektif tidak selalu harus belajar banyak.

4. Output lebih jelas

Karena materi disaring dan disusun secara spesifik, maka output atau keluaran akan lebih jelas. Peserta kursus akan memilih materi sesuai keinginan dan sudah mengetahui apa yang akan dicapainya.  Jika materi diikuti dengan baik, peserta akan lebih mudah mengaplikasikannya.

5. Materi dapat dipilih sesuai kebutuhan

Salah satu kelemahan dari belajar konvensional adalah tidak adanya pilihan bagi peserta untuk memilih materi yang diinginkannya. Ada pun dalam program kursus ini, peserta dapat memilih materi mana yang perlu dipelajarinya. Jika satu materi dianggap sudah dipahami, peserta dapat melangkahi dan memilih materi lanjutan yang tersedia.

6. Pencapaian dapat dievaluasi

Salah satu keunggulan dari kursus online adalah fitur evaluasi atau tes. Peserta tidak dapat menganggap dirinya menguasai materi jika belum mendapatkan nilai kelulusan minimum yang telah ditentukan oleh instruktur.

Jika setelah mengikuti proses tes atau evaluasi ternyata belum lulus, maka peserta kursus dapat mengulangi materi lalu kembali mengevaluasi dirinya sendiri.

Evaluasi dalam program ini dijalankan oleh sistem jadi tidak akan ada unsur nepotisme di dalamnya. Semua hasil evaluasi merupakan hasil penilaian yang jujur dan tidak dapat dimanipulasi oleh peserta.

Pilihan Kategori dan Materi Kursus Online

Untuk mengakomodasi kebutuhan pengetahuan seluruh pengguna internet di Indonesia, kami akan berupaya untuk terus berusaha untuk mengembangkan program kursus ini. Pada tahap awal, kami meluncurkan beberapa kategori dan materi yang dapat diakses secara gratis maupun premium atau berbayar.

Kategori Kursus Online:

Ada beberapa kategori kursus yang dapat anda pilih (kami akan senantiasa berusaha untuk mengembangkan kategori ini), diantaranya:

  • Karya Tulis Ilmiah
    Kategori ini merupakan kumpulan materi tentang menulis karya tulis ilmiah. Bagi anda yang ingin belajar menulis karya tulis ilmiah secara online, anda sudah berada pada website yang tepat.
  • Pertukangan Kayu
    Kami sadar bahwa ada sejumlah keterampilan yang hingga kini tidak tidak pernah pudar peminatnya. Salah satu di antaranya adalah keterampilan mengolah kayu menjadi sesuai yang bernilai tinggi, baik dari segi fungsi maupun unsur seninya.
  • Simulasi / Latihan Tes
    Kategori ini merupakan kategori untuk secara spesifik melatih kemampuan mengikuti sejumlah tes, baik tes untuk masuk sekolah, tes untuk masuk perguruan tinggi, tes untuk masuk kerja baik swasta maupun negeri.
  • Tata Busana
    Keterampilan lain yang tidak kalah populernya adalah keterampilan akan merancang dan membuat busana. Merancang busana selalu dibutuhkan dari masa ke masa. Itulah sebabnya orang yang memiliki keterampilan ini tidak akan kehilangan pekerjaan.
    Jika anda ingin belajar keterampilan ini, anda juga dapat menemukannya pada website ini.
  • Website & Toko Online
    Kategori ini merupakan kategori yang paling populer karena kita baru saja memasuki era digital. Di era digital ini, memiliki website atau toko online sangat dituntut bagi para pemilik usaha agar dapat bersaing dan menjangkau pasar yang lebih luas.
    Jika anda ingin membuat website atau toko online sendiri, tidak salah jika anda mengikuti kursus online di sini.

Materi Kursus Online

Adapun materi dari setiap kategori di atas adalah sebagai berikut:

Admin bar avatar
Tutorial Online

https://www.tutorialonline.co.id/

Pengelola Website Tutorial Online. Belajar dan berbagi pengetahuan adalah prinsip yang utama

Leave A Reply